cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agus.asj@bsi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
haryani.hyi@bsi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika
ISSN : 14118637     EISSN : 25501178     DOI : -
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Perspektif pertama kali diterbitkan pada tahun 2013. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis kritis mengenai penelitian di Bidang Ilmu Sistem Informasi, Manajemen dan Ekonomi. Jurnal Perspektif menerbitkan 2 (dua) jurnal dalam setiap tahunnya, yaitu terbit di bulan Maret dan September. Jurnal Perspektif sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas. Situs Jurnal Perspektif menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal kami adalah jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi di bidang Ilmu Komputer dan Manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2020): September 2020" : 14 Documents clear
Peningkatan Kepuasan Masyarakat melalui Kualitas Pelayanan dan Fasilitas pada Pengguna RPTRA Kebon Pala Berseri Pramularso, Eigis Yani; Marginingsih, Ratnawaty
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 18, No 2 (2020): September 2020
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v18i2.8709

Abstract

Abstrak  - Pemenuhan kebutuhan dan keinginan masyarakat menjadi perhatian penting bagi pemerintah. Salah satu menjadi perhatian dan tantangan pemerintah yaitu menciptakan kualitas pelayanan dan pemberian fasilitas diberbagai bidang layanan dengan seoptimal mungkin sehingga masyarakat menjadi puas atas layanan yang sudah disesuaikan dengan wewenang dan aturan yang ada. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap kepuasan masyarakat di RPTRA Kebon Pala Berseri. Populasi dalam penelitian ini seluruh masyarakat yang sudah berkunjung dan menggunakan pelayanan dan fasilitas di RPTRA Kebon Pala Berseri dengan sampel yang diperoleh sejumlah 73 orang. Di dalam Penelitian ini menggunakan regresi sebagai analisis datanya dan untuk pengolahan data memakai program komputer SPSS 25.0. Penelitian ini memberikan hasil bahwa kepuasan masyarakat dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kualitas pelayanan, kepuasan masyarakat dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh fasilitas, dan secara bersama-sama kualitas pelayanan dan fasilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat di RPTRA Kebon Pala Berseri. Kata Kunci: kepuasan masyarakat, kualitas pelayanan, fasilitas, RPTRA
Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Melalui Belanja Modal Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Utara Azis, Muh. Irfandy
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 18, No 2 (2020): September 2020
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v18i2.8361

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belanja modal terhadap pendapatan asli daerah pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Utara. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data panel atau gabungan antara data croos section dan data time series. Data cross section terdiri dari data Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Utara, sedangkan data time series terdiri dari data rentang waktu penelitian tahun 2010 sampai dengan 2019. Metode analisis yang digunakan analisis regresi data panel. Berdasarkan hasil pemilihan model melalui uji chow, model yang paling sesuai adalah model regresi variabel dummy dengan efek tetap. Sedangkan hasil uji hausman, menunjukkan bahwa model efek acak yang paling sesuai. Pemilihan model dilanjutkan melalui uji lagrange multiplier karena dua pengujian sebelumnya yang memiliki hasil yang berbeda, dan disimpulkan bahwa model yang paling sesuai untuk penelitian ini adalah model efek acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belanja modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan asli daerah pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Utara. Belanja modal memberikan kontribusi sebesar 3,9% terhadap peningkatan pendapatan asli daerah pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Utara. Kata Kunci : Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Online Food Delivery Service Kusuma, Tubagus Mahendra; Hermawan, Dadang
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 18, No 2 (2020): September 2020
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v18i2.8724

Abstract

Abstrak  - Tujuan  penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan social influence terhadap keputusan pembelian menggunakan jasa layanan pesan-antar makanan daring. Responden pada penelitian ini adalah 80 mahasiswa ITB STIKOM Bali dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar secara daring. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah yang pertama diduga bahwa ada pengaruh signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dan yang kedua diduga bahwa ada pengaruh signifikan variabel social influence terhadap keputusan pembelian. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Simpulan dari hasil analisis adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian menggunakan jasa layanan pesan-antar makanan daring dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara social influence terhadap keputusan pembelian menggunakan jasa layanan pesan-antar makanan daring. Pengaruh variabel kualitas pelayanan dan social influence  terhadap keputusan pembelian sebesar 43,5% sisanya sebesar 56,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: kualitas pelayanan, social influence, keputusan pembelian
Kontribusi Kualitas Pelayanan Unggul Untuk Memaksimalkan Tingkat Kepuasan Konsumen Raspati, Galih; Riyanto, Andi; Rahayu, Yuri
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 18, No 2 (2020): September 2020
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v18i2.8401

Abstract

Abstrak - Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat sudah seharusnya memberikan fasilitas pelayanan kesehatan yang mumpuni. Bukan tidak mungkin ada beberapa fasilitas kesehatan masyarakat yang disediakan oleh negara memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar yang ada.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan unggul, kepuasan konsumen dan untuk mengetahui seberapa kuat kontribusi kualitas layanan unggul untuk memaksimalkan tingkat kepuasan konsumen di Puskesmas Limusnunggal Kota Sukabumi. Metode penelitian yang dipakai menggunakan metode teknik survei. Responden penelitian adalah pasien yang merupakan konsumen di Puskesmas Limusnunggal di Kota Sukabumi sebanyak 451 konsumen sebagai populasi, kemudian sampel diambil sebanyak 100 konsumen dengan menggunakan metode judgment sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner, untuk variabel kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dengan skala ordinal. Instrumen diuji dengan uji reliabilitas dan uji validitas. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dengan uji frekuensi dan asosiatif dengan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan unggul memiliki kontribusi yang signifikan dalam memaksimalkan tingkat kepuasan konsumen. Kata Kunci: kualitas pelayanan unggul, kepuasan konsumen
Analisis Competitive Advantage Bisnis Coffee-Shop di Kabupaten Sleman Yudanto, Andreas Adri; Welsa, Henny; Wiyono, Gendro
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 18, No 2 (2020): September 2020
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v18i2.8358

Abstract

Abstrak - Ratusan Coffee-Shop berdiri di Sleman. Keunggulan bersaing menjadi faktor penting untuk survive dan profit di ketatnya persaingan. Persaingan mendorong semua lini di Coffee-Shop berada dalam performa terbaik. Fenomena yang terjadi dalam bisnis Coffee-Shop di Sleman bahwa pimpinan belum mampu mengolah  karyawan sehingga perusahaan sulit berkembang dan bersaing. Tujuan penelitian  untuk menemukan pengaruh faktor Kepemimpinan Transformasional (KT) dan kompetensi karyawan terhadap capaian Competitive Advantage perusahaan dengan faktor mediasi kepuasan kerja.  Uji empirik dilakukan kepada 80 karyawan Coffee-Shop di Sleman, Yogyakarta berdasarkan Partial Least Square (PLS) dan Sobel Test sebagai intervening. Metode penelitian menggunakan Nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Kepemimpinan Transformasional berpengaruh terhadap kepuasan kerja, faktor kompetensi tidak berpengaruh pada kepuasan kerja, faktor kepuasan kerja tidak berpengaruh pada Competitive Advantage, faktor Kepemimpinan Transformasional berpengaruh pada Competitive Advantage dan faktor kompetensi berpengaruh pada faktor Competitive Advantage pada bisnis Coffee-Shop di Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi penelitian sumber daya manusia (faktor pimpinan, faktor karyawan) dalam pencapaian Competitive Advantage pada Coffee-Shop di Sleman Yogyakarta.Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Kompetensi, Kepuasan Kerja, Competitive Advantage
Analisis Kesiapan untuk Berubah di Masa Pandemi Covid-19: Studi Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan Asbari, Masduki; Novitasari, Dewiana; Gazali, Gazali; Silitonga, Nelson; Pebrina, Erni Taruli
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 18, No 2 (2020): September 2020
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v18i2.8576

Abstract

Abstrak  - Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan di salah salah satu industri otomotif di Banten yang dimediasi oleh kesiapan untuk perubahan. Pengumpulan data penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan teknik simple random sampling terhadap 294 orang populasi dan hasil kuesioner yang kembali dan valid adalah 205 orang sebagai sampel. Pemrosesan data menggunakan metode SEM dengan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, tetapi kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan untuk berubah. Penelitian ini menyimpulkan juga bahwa kesiapan untuk berubah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hubungan antara kepemimpinan transformasional dan kinerja karyawan. Kesiapan untuk berubah sebagai full-mediator. Penelitian ini mengusulkan sebuah model untuk membangun kinerja karyawan di antara karyawan industri otomotif di Banten melalui peningkatan praktik kepemimpinan transformasional dengan kesiapan untuk berubah sebagai mediator. Penelitian ini dapat membuka jalan untuk meningkatkan kesiapan karyawan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Kata Kunci: Kepemimpinan transformasional, kesiapan untuk berubah, kinerja karyawan
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Waroeng Steak And Shake Cabang Margonda Depok Lestari, Nurlaela Eva Puji
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 18, No 2 (2020): September 2020
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v18i2.8321

Abstract

Service is one of the important factors in carrying out the company's operational activities. Preparing customer service well is the same as making a company succeed in its business. Conversely, ignoring customer service is just making a failure for a company. This study used a quantitative research method using the SPSS version 21 application. The population taken was the number of visitors at Waroeng Steak and Shake margonda as many as 135 visitors. Determination of the number of samples using Slovin formula with an error rate of 5% found the number of respondents was 100 respondents. The sampling method uses non probability sampling with incidental sampling techniques. The instrument of this study uses a questionnaire with the number of questions as many as 30 questions and analysis used, namely the correlation test, determination test and regression test. The results of the study show that there is a very strong influence between the quality of service on customer satisfaction with the correlation test results of 0.801. The results showed that service quality was 64.2% of customer satisfaction, the remaining 35.8% was influenced by other factors and the regression equation Y = 13.423 + 0.779X with constants a 13.423 and constant b 0.779 means that there is a positive unidirectional relationship between service quality and customer satisfaction at Waroeng Steak and shake Margonda.
Studi Kepuasan Pelanggan di BPJS Ketenagakerjaan Kacab Magelang Sugiharti, Rr Retno; Muliastuti, Kinanti Dwi
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 18, No 2 (2020): September 2020
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v18i2.8588

Abstract

Abstrak  - Dalam pemberian pelayanan kepada pelanggan, aspek kepuasan adalah aspek yang penting untuk mengukur kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator atau faktor apa saja yang memiliki kontribusi tinggi dalam survey kepuasan pelanggan di BPJS Ketenagakerjaan Kacab Magelang. Aspek kepuasan untuk megukur kepuasan pelanggan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu aspek pelayanan umum, aspek pelayanan fasilitas, aspek pelayanan jaminan, aspek pelayanan administratif, dan aspek biaya. Metode analisis yang digunakan adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA) Second Order. Metode ini digunakan untuk mengkonfirmasi ­besaran kekuatan masing-masing aspek kepuasan pelanggan dan dalam pengolahannya dilakukan menggunakan software AMOS V.24. Data penelitian ini dikumpulkan dari 100 responden peserta BPJS Ketenagakerjaan Kacab Magelang. Hasil analisis dari penelitian ini adalah melihat adanya kontribusi tertinggi tiap indicator yaitu pelayanan umum dengan prosedur penerimaan dilayani secara cepat dan tidak berbelit-belit, variabel pelayanan fasilitas dengan taman yang tertata rapi, variabel pelayanan administratif dengan pelayanan administrasi cepat dan tepat, dan variabel biaya pemberian jaminan yang sesuai. Kata Kunci: kepuasan pelanggan, Confirmatory Factor Analysis
ANALISIS PENGARUH DISIPLIN KERJA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA EX TRAINEE PROGRAM STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN UNIVERSITAS PELITA HARAPAN Juliana, Juliana; Felicia, Felia; Ghozali, Excel; Ellen, Herlin; Figo, William
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 18, No 2 (2020): September 2020
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v18i2.8037

Abstract

Abstrak  - Disiplin kerja merupakan faktor yang penting dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Disiplin kerja terdiri dari disiplin waktu, disiplin peraturan, dan disiplin tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh disiplin kerja terhadap produktivitas kerja. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan kuesioner, dengan teknik sampel acak, dan mengambil sebanyak 100 responden mahasiswa Program Studi Pengelolaan Perhotelan Universitas Pelita Harapan. Metode analisis menggunakan regresi dengan SPSS ver. 25. Hasil dari penelitian ini mendukung hipotesis yang dibuat, yaitu disiplin kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja mahasiswa ex trainee Universitas Pelita Harapan. Saran yang dapat diberikan kepada mahasiswa ex trainee Universitas Pelita Harapan adalah selalu sigap dan mampu meningkatkan penyelesaian pekerjaan tepat pada waktunya. Kata kunci: Disiplin Kerja, Produktivitas KerjaAbstract  Work discipline is the important factors that improve employee to work productivity. Work discipline consist of time discipline, rule discipline, and responsibility discipline. This study aims to identify the influence of work discipline of work productivity. This study uses a data collection using a questionnaire, with a random sample technique, and takes 100 respondents from Pelita Harapan University Hospitality Management Study Program students. The method of multiple regression analysis using regression with SPSS ver. 25. The result of this support hypothesis, which is work discipline have a positive influence of ex trainee of Pelita Harapan University students work productivity. The advice can be given to the ex trainee of Pelita Harapan University students is to be always sprightly and improve to finish the job on time.Key Words: Work Discipline, Work Productivity
Analisis Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Akibat Pandemi Covid-19 Indayani, Siti; Hartono, Budi
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 18, No 2 (2020): September 2020
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v18i2.8581

Abstract

Pengangguran dan pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu indikator ekonomi makro. Artikel ini membahas tentang permasalahan pengangguran dan pertumbuhan ekonomi negara Indonesia pada masa Pandemi Coronavirus 2019 (Covid-19) melanda. Tujuan dari penulisan artikel adalah untuk melihat dan mengasumsikan seberapa besar tingkat pengangguran di Indonesia dan seberapa besar penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada awal tahun 2020 terutama saat terjadi Pandemi Covid-19. Artikel ini ditulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan penelitian kepustakaan. Dari hasil analisis menunjukan bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia dapat diukur melalui peningkatan atau penurunan produk domestik bruto (PDB/GDP) yang dihasilkan suatu negara, karena indikator yang berhubungan dengan jumlah pengangguran adalah GDP. Pada masa pandemi Covid-19 ini pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami penurunan. Pelambatan pertumbuhan ekonomi saat wabah coronavirus menyerang menjadi sebesar 2,97% (year on year). Sedangkan pengangguran mengalami peningkatan akibat terjadi pemutusan hubungan kerja. Sejumlah 212.394 pekerja yang terkena PHK. Dengan adanya penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi tersebut, maka tingkat pengangguran di Indonesia juga mengalami kenaikan. Sehingga, kenaikan jumlah pengangguran dapat mengakibatkan defisit anggaran negara bertambah. Peningkatan defisit yang dialami Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 hingga menjadi sebesar 6,27% diukur dari produk domestik bruto (PDB).

Page 1 of 2 | Total Record : 14